24 Maret, 2022

,

Mendaku Guru Penulis, Tapi Jarang Menulis

Ada pertanyaan yang cukup menyengat bagi guru yang mempunyai "sampingan" sebagai penulis. Yaitu, "Katanya jadi penulis? Tapi kok jarang menulis. Beneran nggak nih jadi penulisnya?"

Mereka yang hobi ngurusi hidup orang lain pasti suka menimpuk guru penulis, dengan pertanyaan dan pernyataan yang nyelekit. Dan salah satunya seperti di atas tadi. Mereka menganggap kerja menulis adalah sesuatu yang mudah dan ringan. Sehingga mereka begitu menyelepekan. Padahal kalau mereka disuruh, paling ya plonga-plongo pah-poh. 

Lantas upaya apa yang harus diupayakan untuk mengeliminasi ejekan itu? Jawabannya sangat mudah dan sudah terukur, yaitu rutin menulis atau bisa dibilang setiap hari menulis. Baik itu di media sosial, media massa, buku maupun publikasi ilmiah. 

Namun persoalannya tidak semudah itu. Sebab dalam menulis, selain dibutuhkan kayanya kosakata dan melimpahnya gagasan, juga diperlukan adanya referensi. Meskipun betul tidak semua tulisan memerlukan adanya hal itu. Tetapi dengan adanya pijakan pustaka, akan menguatkan serta membuat tulisan itu lebih berkarakter.

Dan pijakan pustaka atau referensi itu juga tidak mudah dijangkau. Seringkali harus ada usaha yang sangat keras. Tidak cukup menjumput warta atau file e-book dari dunia maya. Harus ada yang benar-benar riil secara fisik. 

Hal ini pun juga menghadirkan beberapa pertanyaan, "Berapa banyak sih guru penulis yang mempunyai perpustakaan mini di rumah? Berapa jumlah buku yang dimiliki? Berapa frekuensinya ke perpustakaan tiap minggunya? Berapa kali membeli buku setiap bulannya?"

Jika prosentase dari jawaban pertanyaan-pertanyaan di atas mendekati angka di bawah 50%, iya haruslah sadar diri. Sebab konsekuensi menjadi seorang penulis, walaupun itu sebutannya guru penulis, tetaplah sama. Mempunyai perbekalan yang cukup dalam menulis. Bagaimanapun juga buku adalah amunisi dalam kepenulisan. Ibaratnya sebuah senjata tanpa peluru, tidak mempunyai fungsi. 

Dan hal ini berdampak pada karya. Sehingga jika dinvestigasi, maka akan nampak sekali. Ada korelasi yang tinggi antara kepemilikan buku dengan karya tulis yang dihasilkan. Bagaimana dapat menghasilkan tulisan yang ajeg setiap hari, apabila tiada terdapat buku? Sebab datangnya kemampuan menulis itu berasal dari tingginya minat membaca.

Sumber gambar: weareteachers.com

23 Maret, 2022

, , ,

Benarkah GLS Salah Arah?


Sejak pemerintah menggulirkan Gerakan Literasi Sekolah atau disingkat GLS, penulisan buku yang dilakukan oleh guru menjadi semakin marak. Seakan-akan ini seperti api membakar kayu kering, wuuuuk. 🔥

Namun lama kelamaan gerakan ini ada yang menganggapnya bergerak ke arah yang salah. ↩ Sebabnya antara lain, buku yang dihasilkan kebanyakan berupa keroyokan atau bahasa kerennya adalah antologi. Ditambah pula jenis tulisannya punya kecenderungan, kalau tidak cerpen, pasti puisi. Ini tidak terlepas dari tema yang diangkat, yang kebanyakan berisi ihwal awal menjadi guru dan hal-hal di luar tugas guru.

Sehingga menimbulkan nyinyiran seperti ini, "Mestinya buku 📚 yang dihasilkan terkait dengan bidang yang diampu. Masak guru Matematika berkarya tentang puisi melulu? Lagian puisinya juga nggak ada hubungannya sama sekali dengan dunia berhitung. Dan mutunya jauh dari nilai sastra." 

Akhirnya mereka menganggap hal ini menjadikan dunia perbukuan menjadi sesak oleh "sampah literasi" 📦. Di samping itu juga, mereka mensinyalir ada yang bermain membengkakkan sampah itu menjadi semakin membukit. Sebab ada tumpukan cuan bin fulus yang menanti. Dan temuan ini, semakin menumbuh-suburkan praduga tadi.

Yang menjadi pertanyaan, "Apakah salah jika seorang guru hanya mampu melebur dalam penerbitan buku antologi?" 

Jawaban tentang hal ini sangat debatable. Tergantung dari sisi mana yang mau dipijak. Ada yang melihat dari idealisme kepenulisan ✍ secara picik. Mereka berpendapat kelakuan seperti itu dianggap keliru. Mereka juga mengimbuhkan pernyataan seperti ini, "Bila belum mampu, mending mengumpulkan dulu tulisannya, baru kemudian dibukukan. Sebab untuk apa kegunaannya? Menginspirasi? Sebuah motivasi palsu yang sering dihembuskan para penerbit. Banyak penulis senior, yang setia bertahun-tahun menggeluti dunia penulisan, jarang yang menerbitkan buku tunggal. Bahkan jarang yang bermain dalam model pembuatan buku berombongan. Mereka menempuh jalan panjang dan berliku, sebelum mampu menerbitkan sebuah buku."

Memang demikian, pendapat mereka yang berpegang teguh pada tafsir idealisme sempit itu. Mereka tidak mau meluaskan cakrawala berpikirnya. Mestinya mereka, kalau bisa merendahkan ekspektasi. Sebab dengan semangat guru yang begitu tinggi dalam penulisan, paling tidak menggairahkan semangat untuk membaca, semangat untuk mencintai buku. Sebab kita tahu, buku adalah jendelanya dunia. Dengan adanya buku yang terus tercetak, akan melajukan gagasan-gagasan. Dan gagasan-gagasan itu akan berdampak pada perubahan. Jikalau ada buku yang tak bermutu, nanti pun akan terseleksi secara alamiah. Tak perlulah berkecil hati. 💝

Sumber gambar: spitjournal.com

22 Maret, 2022

,

Guru Inovatif "Sering" Dilihat dengan Tatapan Negatif

Semua guru mengharapkan adanya kemajuan dalam bidang pendidikan, namun sedikit yang benar-benar mau bergerak untuk mewujudkannya. Jadi bukan sekadar dalam rasan-rasan, apalagi hanya dalam angan. Dan dari yang sedikit itu pun, akhirnya banyak yang mrotol. Karena datangnya cibiran dan halangan yang dilakukan oleh rekan guru tersebut. Ini memang terdengar aneh, namun begitulah fakta yang terjadi di lapangan. 

Mengapa mereka begitu tega melakukannya pada teman seprofesi ini? Bukankah mereka juga sama-sama guru, sama-sama ingin melihat Indonesia berubah? Dua pertanyaan tajam ini menghasilkan beberapa jawaban yang bisa melukai hati. Dan semua itu adalah hal yang remeh temeh. 

1. Cap Sombong
Ini adalah jawaban yang paling umum disorongkan. Mereka mengira guru inovatif sudah tak mau berkawan lagi dengan mereka. Dalam pikiran mereka, guru inovatif ini selalu sibuk dengan solusi dan solusi. 

2. Ahli Bolos
Akibat aktivitas yang padat menjadi peserta, panitia, pemateri, atau bahkan pengurus organisasi pendidikan, sehingga guru inovatif diduga kerjaannya hanya bolos dan mengabaikan tugas mengajar siswa.

3. Tukang Pencitraan
Guru inovatif dituduh tidak tulus ikhlas dalam berbuat. Sebab menganggap tingkah polah guru inovatif hanyalah untuk aksi pamer belaka. Biar terkenal, biar dapat penghargaan. 

4. Kurang Kerjaan
Ini adalah jawaban yang terparah. Mereka  menyangka hal-hal yang dilakukan oleh guru inovatif adalah sesuatu yang sia-sia. Dan sungguh tak berguna, membuang-buang waktu saja.

Empat jawaban "tidak beradab" yang mereka layangkan ini, jika ditelisik secara dalam, memang kebanyakan murni karena salah paham. Sebab disadari maupun tidak, guru yang sudah kadung digelari guru inovatif, cenderung kurang dalam berkomunikasi. Sehingga dianggap menjaga jarak. Selain itu, terlihat terlampau serius dalam memandang sesuatu. Kurang woles

Mungkin guru inovatif juga harus membuka diri dan tak henti-hentinya dalam mewartakan, bahwa apa yang dilakukan itu untuk kebajikan bersama. Bukan untuk tampil gagah-gagahan dan mengejar piagam penghargaan. Apabila hal ini sudah dilakukan, dan tetap diperlakukan "tidak senonoh", tetaplah bersabar. Dan kalau bisa mendoakan orang yang telah berbuat itu, agar mendapatkan pencerahan. Cepat mendapatkan hidayah. Sehingga tak lagi "merundung" dan menjadi calon guru inovatif berikutnya. 

Jika hal ini dilakukan, tentu persoalan luka hati tidak lagi muncul di benak. Semua hal yang terjadi akan nampak baik-baik saja. Meskipun ada masalah maupun tidak, tetap rileks dalam menjalani. Sebab dunia tempatnya permasalahan. Apalagi setiap permasalahan memang gunanya untuk menempa diri, agar mempunyai sikap yang lebih baik lagi.

Sumber gambar: malangtimes.com

20 Maret, 2022

, ,

Guru Negeri dan Mitos Hutangnya


Ada sebuah mitos yang berkembang cukup lama di masyarakat, yaitu apabila ingin bisa berhutang dengan "elegan", maka jadilah pegawai negeri sipil. Dan hal ini dicoba dikonfrontir oleh Guru Muda (Gurmud) ke Mbah Guru (Mbahgur)

Gurmud: "Mbah denger-denger nih, ada mitos yang bilang, guru-guru kita pasca terima SK langsung SK-nya itu "disekolahkan?"

Mbahgur: "Wkwkwk."

Gurmud: "Kenapa ketawa mbah?"

Mbahgur: "Kok kayak kamu nggak aja."

Gurmud: "Ya nggak dong mbah. Ngapain?"

Mbahgur: "La situ mungkin belum butuh."

Gurmud: "Iya sih, mungkin belum butuh. Tapi saya jadi sedih mbah. Masak temen-temen baru diangkat PNS, kok langsung pinjam ke bank? Seakan-akan guru itu pendapatannya begitu kecil. Padahal kalau dilihat-lihat nggak kecil amat. Di tempat kita, paling nggak dua kali lipat dari upah minimum regional. Di banyak tempat, meskipun ada yang di bawah UMR, tapi langsung ditambal dengan tunjangan daerah. Atau kalau nggak gitu, kan dapat juga dana sergu."

Mbahgur: "Ngapain juga ngurusi hidup orang."

Gurmud: "Ini bukan bermaksud ngurusi hidup orang mbah, tapi ini bisa menjadi preseden buruk. Sebab saya beberapa kali ngisi kegiatan yang pesertanya siswa, ketika ditanya soal apa cita-citanya. Jarang sekali yang berminat jadi guru. Alasannya sederhana, gaji guru kecil. Kenapa mereka bisa berbicara seperti ini? Karena mereka melihat hobinya guru-guru mereka suka utang kesana-kemari."

Mbahgur: "Berarti ini muridnya pinter-pinter."

Gurmud: "Kok simbah malah ngedukung sih? Apa nggak khawatir, jika nanti tidak ada yang mau jadi guru, generasi besok akan diajar oleh robot?"

Mbahgur: "Apa jeleknya diajar robot?"

Gurmud: "Robot ini kan nggak bisa mengajarkan etika."

Mbahgur: "Apa guru-guru sekarang benar-benar tahu etika?"

Gurmud: "No comment mbah. Kok malah ngebahas robot."

Mbahgur: "Hehehe."

Sumber gambar: maucash.id
,

Prokrastinasi Mengancam Jiwa Guru

Percayalah tulisan ini tidak seseram judulnya. Lantas jika tidak seram, mengapa mengambil judul ini? Apakah ingin menipu pembaca? Dalam konteks pemberitaan, judul yang bombastis atau clickbait  adalah sesuatu biasa. Kenapa? Karena judul seperti itu menggoda secara psikologis. Penasaran akan membuncah. Dan bisa ditebak, pembacanya akan "gegap gempita" untuk membacanya.

"Jangan mengikuti kebiasaan buruk", mungkin ada yang menasihati seperti ini. Sebenarnya, ini bukan ngeles lho, judul ini memang disengaja sebab ada hubungannya dengan topik yang akan kita bahas. Karena topik yang akan kita bahas, memanglah sikap yang "berlebihan" dalam menunda suatu tugas atau pekerjaan. Dan cenderung untuk menipu diri sendiri.

Topik tersebut tiada lain adalah prokrastinasi (seperti yang sudah ada di judul). Prokrastinasi seperti yang diungkap Wikipedia, diserap dari bahasa Inggris. Kata ini sebenarnya diserap oleh bahasa Inggris dari dua kata dalam bahasa Latin, yaitu pro- yang berarti depan dan juga -crastinus yang berarti hari berikutnya. Imbuhan -crastinus sendiri juga gabungan dari dua kata, yaitu cras yang berarti besok serta -tinus yang merupakan imbuhan dalam bahasa Proto Indo-Eropa yang berfungsi sebagai untuk membentuk kata sifat yang berhubungan dengan waktu.

Secara sederhana, prokrastinasi berarti tindakan untuk menunda sebuah pekerjaan. Dan biasanya, baru dikerjakan di detik-detik terakhir. Mengapa hal ini bisa terjadi? Mari kita ulik alasannya.

1. Meremehkan 
Menganggap pekerjaan itu hal yang mudah dalam penyeselesaiannya, sehingga memicu dirinya untuk mengabaikan. Dan memilih tarsok-tarsok.

2. Kesulitan
Jika tadi pekerjaannya dianggap mudah, kali ini pekerjaannya dikira sulit. Hal ini membuat dirinya merasa harus belajar dulu. 

3. Tenggat
Merasa waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masih lama. Maka membiarkan diri untuk tidak segera menyelesaikan. 

4. Kekinian
Waktu tenggat yang lama, juga memicu diri untuk merasa harus mementingkan hal-hal yang sekarang.

5. Prioritas
Karena merasa pekerjaan itu mudah diselesaikan. Pekerjaan itu tidak dianggap penting. Dan bisa nanti-nanti.

6. Perfeksionis
Memandang tiap sesuatu harus dikerjakan dengan sempurna, maka merasa tidak boleh ada kegagalan maupun kecacatan dalam hasilnya.

7. Kultur
Bisa saja hal ini terjadi, karena orang-orang di sekitarnya sering mempraktekkannya. Sehingga sudah seperti budaya yang harus dikerjakan.

Memang dalam kondisi tertentu, normal-normal saja prokrastinasi dilakukan. Namun menjadi sesuatu yang kurang baik, apabila hal itu sering atau bahkan dibiasakan. Apalagi itu dianggap sebagai sebuah kultur, hal itu akan membuat diri merasa termaafkan. Padahal dengan kebiasaan menunda sesuatu, banyak hal buruk akan terjadi. Dan mungkin bisa saja benar-benar mengancam keselamatan sebuah nyawa. Karena memang kebiasaan prokrastinasi ini mempunyai efek kelabakan dan hanya menabung kesengsaraan, seperti yang diungkap di situs mojok.co ini.

Sumber gambar: potential.com

19 Maret, 2022

,

Adakah "Crazy Teacher" Indonesia?

Akhir-akhir ini ramai di media massa dan sosial tentang adanya crazy rich yang telah melakukan penipuan lewat binary option. Menurut suara.com, julukan crazy rich dialamatkan pada orang-orang dengan kekayaan berlimpah yang memiliki berbagai bisnis, rumah dan mobil mewah, hingga mereka yang sering memamerkan gaya hidup khas kalangan kelas atas. Sedangkan binary option menurut kompas.com adalah instrumen trading online yang cara kerjanya adalah dengan mengharuskan trader untuk memprediksi atau menebak harga suatu aset akan bergerak naik atau turun dalam jangka waktu tertentu.

Tapi di tulisan ini, tidak akan mengulas lebih dalam tentang oknum crazy rich yang telah melakukan tindakan kriminal itu. Namun akan "menyoroti" polah tingkahnya untuk dijadikan kajian. Tingkah polahnya itu tiada lain adalah flexing. Flexing menurut Cambridge Dictionary adalah menunjukkan sesuatu yang Anda miliki atau raih, tetapi dengan cara yang dianggap oleh orang lain tidak menyenangkan. 

Apakah flexing ini juga terjadi di dunia pendidikan di Indonesia? Sebab flexing dalam pengertiannya, selain menyangkut kekayaan, juga kecerdasan, bentuk fisik, dan segala hal yang mempunyai nilai lebih. Saya rasa hal ini bisa terjadi, karena pada dasarnya manusia terlepas apapun profesinya berpotensi untuk memamerkan apa yang telah berhasil dicapainya. 

Jadi apakah flexing ini keliru? Keliru maupun tidak, tergantung dari niatan si pelaku. Kalau dia menganggap hal itu sebagai upaya untuk menginspirasi dan memotivasi, tidaklah mengapa. Karena tuduhan bahwa orang itu pamer, memang berasal dari pihak lain. Belum tentu si pelaku ini mengakuinya sebagai bentuk pamer. 

Dan sebagaimana halnya pelaku flexing dalam ranah harta-benda, yang disebut dengan crazy rich. Maka pelaku flexing dalam ranah pendidikan, dapat saja disebut dengan crazy teacher. Karena memang prestasi mereka luar biasa, dan seakan-akan musykil untuk diraih guru biasa. Sehingga jika crazy rich diartikan sebagai super kaya, maka crazy teacher sebagai guru super. Alih-alih disebut sebagai guru gila.

Sumber gambar: 123rf.com

17 Maret, 2022

,

Jadi Guru Jangan Insekyur


Kira-kira ada nggak ya guru yang berani mengacungkan jari ketika diberi pertanyaan seperti ini, "Sudahkah bapak dan ibu guru menjadi pribadi yang inovatif dan kreatif, dinamis, responsif, manfaat tinggi bagi sejawat, produktif, dan memiliki resiliensi yang tinggi?" Sebelum buru-buru mengacungkan jari atau tidak, alangkah eloknya apabila membaca terlebih dahulu pengertian-pengertian dari istilah tersebut.

◇ Kreatif merupakan kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan menemukan cara-cara baru untuk memandang masalah menjadi peluang. Sedang inovatif merupakan kemampuan untuk menerapkan solusi-solusi kreatif terhadap masalah dan peluang guna menumbuhkan usaha (Zimmerer dan Scrborough).

◇ Dinamis adalah penuh semangat dan tenaga sehingga cepat bergerak dan mudah menyesuaikan diri dengan keadaan dan sebagainya (KBBI).

◇ Responsif adalah cepat merespon bersifat menanggapi, tegugah hati, bersifat memberi tanggapan  atau tidak masa bodoh (KBBI).

◇ Manfaat adalah suatu hal yang memiliki nilai guna yang dapat memberikan faedah (brainly.co.id).

◇ Produktif adalah sebuah bentuk dari sikap yang dimana ingin akan selalu untuk dapat terus berkarya, menciptakan sebuah yang akan memiliki nilai manfaat baik terhadap dirinya sendiri serta dari orang lain (brainly.co.id).

◇ Resiliensi adalah kemampuan untuk mengatasi dan beradaptasi terhadap kejadian yang berat atau masalah yang terjadi dalam kehidupan. Bertahan dalam keadaan tertekan, dan bahkan berhadapan dengan kesengsaraan (Adversity) atau trauma yang dialami dalam kehidupannya (Reivich dan Shatte).

Bagaimana? Menjadi galau berat setelah membaca pengertian mereka? Merasa, "Aku kok nggak kayak gitu". Sebagai guru, saya jujur juga mengalami hal yang sama. Seakan-akan seperti jauh panggang daripada api, perilaku kita dengan hal itu. 

Apakah aspek mental yang dirilis oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar (GTK Dikdas) ini memang "maunya" ataukah baru sekadar wacana? Kalau memang "maunya", maka kebanyakan pihak akan menganggap itu hal yang musykil atau utopis. Dan pihak GTK Dikdas, tak boleh kebakaran jenggot, jika mendengar anggapan ini. Sebab apa yang diutarakan, sama sekali tidak membumi. Kalaupun kemudian membantah hal itu seharusnya sudah melekat pada tiap guru. Hal ini dapat disergah dengan pernyataan, "Mau dikemanakan guru-guru kita, jika memang belum memilikinya? Dipensiunkan dini ataukah diberikan pelatihan secara terstruktur, sistematis, dan masif?"

Mungkin akan kelabakan juga jika mendapatkan sanggahan tersebut.  Berbeda apabila hal itu baru dalam tataran diskursus,  orang akan ngeh kalau ini pilihannya. Sebab apabila menginginkan sebuah idealisme, haruslah benar-benar diukur dengan realitas yang ada. Janganlah asal mangap, janganlah asal jeplak. Mana-mana yang terlebih dahulu harus dibenahi, harus punya skala prioritas dan fokus, serta tidak berlebihan. Bagaimanapun juga, guru adalah seperti manusia pada umumnya, yang mempunyai titik lemah dan titik jenuh.